10 Posisi di Hotel yang Jarang diketahui

10 Posisi di Hotel yang Jarang diketahui

10 Posisi di Hotel yang Jarang diketahui

Hai sobat Victorians, ternyata kerja di hotel bukan hanya bersih-bersih aja lho. Berikut 10 posisi di hotel yang jarang diketahui:

10 Posisi di Hotel yang Jarang diketahui

1. Accounting

Posisi accounting ada di hotel. Seperti accounting pada umumnya, accounting di hotel bertugas mencatat seluruh transaksi baik pengeluaran maupun pemasukan hotel. Di hotel, yang memimpin departemen ini adalah Seorang accounting manager atau chief accounting, departemen ini terdiri dari beberapa divisi/section. Supervisor yang memimpin divisi ini terdiri dari general cashier, income audit, account payable, account receivable, dan purchasing. Nah, VHS Jogja mengajarakan mata kuliah accounting juga lho. Jadi sobat Victorians bisa belajar lebih dalam mengenai accounting di hotel di VHS Jogja.

Prospek Karier Accounting Hotel

2. Human Resources

Setiap perusahaan harus memiliki Human Resources, begitu juga dengan hotel. Memiliki tugas dalam memenuhi kebutuhan karyawan yang ada di hotel seperti recruitment, pembekalan, pengembangan SDM, dan mengatur jadwal kerja karyawan. Di hotel, yang memimpin departemen ini adalah HR Manager. Sobat victorians, lulusan sekolah perhotelan juga bisa bekerja menjadi human resources di hotel lho dan ada jenjang kariernya. VHS Jogja memiliki mata kuliah yang bisa mendukung sobat victorians untuk bisa berkarier di departemen Human Resources yaitu ada mata kuliah softskill development, general information hotel, hotel management, dan karier development strategy.

Prospek Karier Human Resources

3. Sales & Marketing

Sales & Marketing merupakan departemen yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran seluruh produk hotel. Di hotel, yang memimpin departemen ini adalah Director of Sales Marketing, departemen ini terdiri dari beberapa divisi/section. Di VHS Jogja, beberapa materi yang diajarkan diantaranya bagaimana menjadi seorang sales & marketing, mengetahui target pasar, dan strategi untuk handling incoming business, selain itu mahasiswa juga diajarkan rencana budget dan teknis negosiasi, dsb. Dengan demikian mahasiswa diharapkan sudah siap untuk terjun ke dunia sales & marketing setelah lulus dari VHS Jogja.

Prospek Karier Sales & Marketing

4. Digital Marketing

Digital marketing merupakan salah satu divisi yang ada di sales & marketing yang memiliki tugas untuk mempromosikan produk hotel secara digital baik melalui website, sosial media, maupun Online Travel Agent (OTA). Tugas lainnya adalah menganalisis pergerakan yang sedang booming untuk mengambil peluang dalam penjualan produk hotel.

5. E-Commerce

E-Commerce merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik. Di hotel seorang e-commerce menghandle penjualan produk hotel melalui Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka, Agoda, Pegi-pegi, dan lain-lain. Menggunakan strategi untuk mengatur harga produk agar dapat bersaing dengan pasaran yang ada. Di VHS Jogja selain belajar mengenai e-commerce juga ada praktik mengisi data pada system juga lho, jadi bukan hanya teori tapi juga langsung praktik.

6. Sosial Media Specialist

Saat ini banyak perusahaan dan hotel yang membutuhkan sosial media specialist. Manfaat dengan adanya sosial media specialist adalah memperkenalkan hotel melalui media sosial, apalagi saat ini media sosial merupakan media yang sangat cepat untuk menyebarkan informasi. Selain itu juga untuk menganalisis pergerakan konten yang ada di media sosial sehingga dapat memperkenalkan dan menarik pengunjung untuk memilih hotel kita. Di VHS Jogja juga terdapat mata kuliah sosial media yang mempelajari sistem kerja sosial media, bagaimana membuat suatu konten yang menarik baik di sosial media baik Instagram, Tiktok, Youtube, dan beberapa sosial media lainnya.

7. Content Creator

Seorang content creator sekarang sedang booming seiring berkembangnya media sosial. Kreatif dalam membuat konten yang menarik adalah tuntutannya, selain itu content creator juga menjadi bagian penting dalam digital marketing. Pada saat ini content creator menjadi bagian yang sangat di butuhkan di Industri Perhotelan. VHS Jogja memberikan materi tentang bagaimana menjadi content creator yang dapat menghasilkan konten yang menarik.

8. Copy Writing

Saat ini Hotel membutuhkan seseorang yang ahli copy writing untuk menunjang penjualan produknya. Di VHS Jogja mata kuliah copy writing mengajarkan tentang bagaimana membuat caption yang baik dan menarik sesuai dengan konten pillar.

9. Bartender

Bartender adalah seseorang yang meracik dan menyajikan minuman kepada pelanggan, baik secara langsung kepada tamu di bar atau melalui pramusaji yang memesankan minuman untuk pelanggan.  Ia harus mengetahui berbagai macam resep minuman beralkohol dan mampu mencampur minuman secara akurat, cepat, dan tanpa waste. Bartender bekerja di kafe dengan minimal standar hotel bintang 4 atau 5. VHS Jogja memberikan mata kuliah bar & barista untuk mempersiapkan mahasiswa bekerja menjadi seorang bartender.

10. Barista

Barista adalah orang yang menyiapkan, membuat, dan juga umumnya menyajikan minuman kopi berbasis espresso. Biasanya bekerja di kafe baik di hotel maupun coffeeshop. VHS Jogja memberikan mata kuliah bar & barista untuk mempersiapkan mahasiswa bekerja menjadi seorang barista.

Banyak yang bilang kalau kerja di hotel cuman bersih-bersih aja. Faktanya itu kurang tepat ya gaess. Karena di hotel itu ada banyak posisi dan diantaranya sudah kita bahas di atas.

Nah itu tadi uraian 10 posisi di hotel yang jarang diketahui. Kira-kira posisi mana yang kamu inginkan? Jika kamu ingin menjadi hotelier profesional dalam waktu yang singkat. Kamu bisa mendaftar di Victoria Hotel School Yogyakarta ya! Victoria Hotel School Yogyakarta merupakan sekolah perhotelan dan pariwisata yang memberikan jaminan 100% penempatan kerja! WOW Daftar sekarang juga, kouta terbatas!

Comments are disabled.

× Ada yang Bisa Kami Bantu?